Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Tentang Guru dan Tenaga Kependidikan di SMP N 10 KOTA JAMBI
A. PENDAHULUAN
Guru yang berkualitas dan propesional merupakan faktor yang sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan. Karena guru merupakan komponen yang harus ada dalam proses pendidikan. Untuk menjadikan guru sebagai tenaga profesional maka perlu diadakan pembinaan dan pengembangan secara berkesinambungan dan perlu memperhatikan guru sebagai tenaga kerja profesional yang perlu dihargai. Guru sebagai tenaga kerja profesional tidak hanya perlu meningkatkan kompetensinya saja baik melalui pelatihan, pemberian penataran, memberikan kesempatan melanjutkan pendidikan, tetapi juga perlu memperhatikan guru dari segi lain seperti peningkatan disiplin, pemberian insentif, gaji yang layak, pemberian motivasi, dan pemberian bimbingan melalui supervisi. SMP Negeri 10 Kota Jambi merupakan suatu lembaga pendidikan yang merupakan lembaga pendidikan negari dan mengajarkan ilmu-ilmu umum dan agama. Tenaga kependidikan adalah orang yang mengajar yang disebut dengan guru.
B. PEMBAHASAN
1. Profil Sekolah.
1. Profil Sekolah.
a) Visi dan Misi
Visi SMP N 10 KOTA JAMBI adalah mengahasilkan output yang memiliki kecerdasan intelegensi, emosional dan spiritual.
Misinya adalah untuk:
1. Membina siswa berdasarkan keimanan dan ketakwaan.
2. Meningkatkan mutu pendidikan dan penguasaan IPTEK
2. Meningkatkan mutu pendidikan dan penguasaan IPTEK
3. Meningkatkan disiplin dan kerja sama.
4. Mempersiapkan input yang bermutu bagi jenjang pendidikan selanjutnya.
4. Mempersiapkan input yang bermutu bagi jenjang pendidikan selanjutnya.
b) Tujuan
1. Menyiapkan peserta didik mampu mengembangkan diri sejalan dengan IPTEK.
2. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang sanggup berhubungan timbal balik dengan lingkungan sosial dan alam sekitar .
3. Meningkatkan kualitas dan kerja sama bagi pengelola kegiatan pendidikan sekolah.
4. Memberikan kesempatan kepada guru.
c) Tujuan Akhir Sekolah
1. Menjadikan peserta didik mampu mengembangkan diri sejalan dengan IPTEK
2. Menjadikan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang sanggup berhubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
Untuk mewujudkan tujuan akhir sekolah maka guru melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Adapun tugas dan tanggung jawab guru :
1. Membuat perangkat program pengajaran meliputi Program tahunan, Program Satuan Pengajaran, Program Pengajaran, Program Mingguan Guru, LKS.
2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran,
3. melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir,
4. melaksanakan analisis ulangan harian,
5. menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan,
6. mengisi daftar siswa,
7. melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) dalam kegiatan belajar mengajar,
8. membuat alat pelajaran atau peraga,
9. mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya,
10. membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa,
11. mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pengajaran,
12. mengatur kebersihan ruang kelas, ruang perpustakaan, dll.
d) Manajemen Guru dan Tenaga Kependidikan SMP N 10 Kota Jambi
SMP N 10 Kota Jambi memiliki manajemen yaitu manajemen kurikulum dan pengajaran, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan dan pembiayaan, manajemen sarana dan fasilitas. Berikut ini manajemen SMP N 10 Kota Jambi yaitu:
1. Perencanaan.
1. Perencanaan.
a. Penyusunan formasi guru dan pegawai
Dalam proses ini akan disusun atau di perhitungkan berapa guru yang akan dijadikan tenaga kependidikan di suatu lembaga pendidikan.
b. Perencanaan pengadaan guru dan pegawai baru
Dari penyusunan formasi guru dan pegawai tadi maka akan didapat gambaran tentang berapa guru yang dapat diterima dan yang diperlukan dalam lembaga pendidikan SMP N 10 KOTA JAMBI.
2. Pengorganisasian
a. Masing-masing guru akan diberikan tugas sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing dilihat dari latar belakang pendidikan sebelumnya. Berikut ini data guru dan tenaga pendidikan di SMP N 10 Kota Jambi:
DAFTAR GURU DAN TATA USAHA | |||||
SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI 2010/2011 | |||||
No | Nama | Jabatan | bidang studi | Ket | |
1 | WARSITO, M.Pd | Kepala Sekolah | | ||
2 | Jefri Seni,S.Pd | WA. Kepsek | IPA | | |
3 | L.MANIK,S.Pd | WA. Kepsek | B. INGGRIS | | |
4 | Chairul.YS.S.Pd | Pemb.WA. Kepsek | IPS | | |
5 | Admiral.TM | Pemb.WA Kepsek | SENI BUDAYA | | |
6 | M.Silaban. S.Pd | GT | IPS | | |
7 | N.Siahaan | GT | B. INGGRIS | | |
8 | Yuharnetri | GT | BK | | |
9 | F a u z i. BA | GT | AGAMA | | |
10 | Mardianis.S.Pd | GT | PKN | | |
11 | Afdhal.S.Pd | GT | MATEMATIKA | | |
12 | Rosalia Sri .H.S.Pd | GT | MATEMATIKA | | |
13 | Made Sunaya,S.Pd | GT | MATEMATIKA | | |
14 | Siti Hijir,S.Pd | GT | B. INDONESIA | | |
15 | H.Sibagariang..SPd | GT | OLAH RAGA | | |
16 | Supriyati.S.Pd | GT | B. INDONESIA | | |
17 | Maizar.S.Pd | GT | B. INDONESIA | | |
18 | Dra. Najmiah | GT | AGAMA | | |
19 | Nurhayati, S.Pd | GT | MATEMATIKA | | |
20 | Nour Zahyuni,S,Ag | GT | AGAMA | | |
21 | M.Pakpahaan, S.Pd | GT | B. INDONESIA | | |
22 | Norita | GT | B. INDONESIA | | |
23 | Wen Warina, S.Pd | GT | IPA | | |
24 | Asmanidar | GT | KETRAMPILAN | | |
25 | M.Nainggolan, S.Pd | GT | B. INDONESIA | | |
26 | J.Pardosi | GT | PKN | | |
27 | Lina Murniati | GT | KETRAMPILAN | | |
28 | Elseria Sitorus.S.Pd | GT | IPA | | |
29 | Yuli Krisnawati.S.Pd | GT | PKN | | |
30 | Yulia Hartati | GT | IPA | | |
31 | Ernawati | GT | B. INDONESIA | | |
32 | Irawani.S.Pd | GT | MATEMATIKA | | |
33 | Hasib Karimuddin.S.Pd | GT | IPS | | |
34 | Susila, S.Pd | GT | OLAHRAGA | | |
35 | Tantri Margayu, S.Pt | GT | IPA | | |
36 | Nora Triana, S.Pd | GT | B. INGGRIS | | |
37 | Heru Gunawan,S.Kom | GT | TIK | | |
38 | Lisma Mustika Sari, S.Pd | GT | B. INGGRIS | | |
39 | Yosi Febrina, S.Pd | GT | SEINI BUDAYA | | |
40 | Balya S.Pd | GT | BK | | |
41 | Yuli vivianti, S.Pd | GT | BK | | |
42 | Marlisa, S.Pd | GT | B. INGGRIS | | |
43 | Drs. Azmi | Guru Honor | AGAMA | | |
44 | Dian Angreini | Guru Honor | BK | | |
45 | Ezrifal Sany.ST | Menejer Komputer | | ||
46 | Dwi Sulastri.SE | Guru Honor | TIK | | |
47 | Musdarni | Tata Usaha | | ||
48 | Rita Warlena | Tata Usaha | | ||
49 | Fatimah | Tata Usaha | | ||
50 | Mardiyana | Tata Usaha | | ||
51 | Nedra | Tata Usaha | | ||
52 | Hasanuddin | Tata Usaha | | ||
53 | Effendi | Tata Usaha Honor | | ||
54 | Sulaiman | Tata Usaha Honor | | ||
55 | Hasan Harun | Tata Usaha Honor | | ||
56 | Hasan | Tata Usaha Honor | | ||
Ilyas | Tata Usaha Honor | ||||
Hamidah | Tata Usaha Honor | ||||
Jambi, Januari 2011 | |||||
Kepala SMP N 10 Kota Jambi | |||||
WARSITO, M.Pd | |||||
NIP. 19540929197710201 | |||||
b. Sumber Daya Manusia
Secara garis besar jenis ketenagaan di SMP N 10 KOTA JAMBI terdiri dari:
1. Kepala Sekolah
2. Wakil Kepala sekolah bidang kesiswaan
3. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum
4. Kepala TU
5. Wali Kelas
6. Guru Mata Pelajaran
3. Pengerahan
Untuk menciptakan guru yang propesional maka guru akan di beri pelatihan-pelatihan untuk menambah pengetahuan guru tentang dunia pendidikan
4. Pengawasan
a. Pemantauan kinerja guru di SMP N 10 Kota Jambi dengan cara diadakannya pengawasan atau supervisi oleh kepala sekolah dan guru yang berkinerja baik akan diberikan penghargaan setiap akhir tahun.
b. Pengawasan akan dilakukan secara terus menerus oleh pengawas sekolah.
C. PENUTUP
Kesimpulan
Dari uraian di atas maka Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan tentang guru dan tenaga pendidik di SMP N 10 KOTA JAMBI yaitu dengan perncanaan yang meliputi : Penyusunan formasi guru dan pegawai, Perencanaan pengadaan guru dan pegawai baru, pengorganisasian, dengan memberikan materi pelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki setiap guru tersebut. Pengerahan, dengan melakukan pelatihan untuk meningkatkan propesionalisme guru dan diberi kan gaji setiap bulannya untuk kesejahteraannya. Pengawasan, pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar